Wednesday, July 25, 2018

13 jenis Makanan yang Berbahaya bagi Kucing

Kucing membutuhkan asupan gizi dan nutrisi seimbang agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Pemberian makanan dan minuman yang tepat akan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan si Kucing.
13 jenis makanan yang berbahaya bagi kucing

Makanan dan Minuman Manusia adakalanya berbahaya bagi kesehatan kucing. Beberapa Jenis obat-obatan justru sangat membahayakan jiwa kucing jika diberikan tanpa rujukan dokter dan tenaga medis ahli. Karena setiap makanan yang tidak diformulasikan secara khusus untuk kucing akan dapat mempengaruhi sistem pencernaan, menyebabkan muntah, diare, hilangan nafsu makan bahkan hingga dapat merenggut jiwanya. Kenali Zat-zat yang terkandung dalam makanan sebelum diberikan kepada kucing kesayangan.

Pengetahuan kita sebagai pemelihara dan perawat kucing sangatlah penting untuk jenis makanan dan minuman yang mungkin akan berbahaya bagi kesehatannya dan berikut 15 Jenis makanan yang berbahaya bagi kucing.

Bawang
Semua jenis bawang sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh kucing, karena kandungan zat didalamnya dapat sel darah merah dan menyebabkan anemia pada kucing. Selain itu Bawang juga sangat mengganggu sistem pencernaan kucing, menyebabkan muntah-muntah, lesu hingga urine kucing berubah warna menjadi kemerahan. Zat beracun pada bawang yang berbahaya bagi kucing tidak akan hilang walau sudah dimasak dengan berbagai cara. Teliti dan baca baik-bail lebel makanan sebelum memberikannya pada  kucing, apakah terkandung unsur bawang didalamnya.

Cokelat
Jangan sekali-kali memberikan coklat kepada kucing, karena coklat mengandung senyawa theobromine dan kafein. Zat ini ada dalam segala bentuk cokelat, dan paling banyak terdapat pada coklat gelap dan roti coklat tanpa pemanis. Coklat dapat menyebabkan denyut jantung yang tak beraturan, kram ( tremor otot ), muntah, diare, kejang hingga dapat berujung pada kematian

Kopi,Teh dan Minuman energi
Semua jenis minuman ini sangat berbahaya karena mengandung kafein dalam dosis yang cukup tinggi untuk memicu kineja jantung dan sistem syaraf pada kucing. Dapat menyebabkan kucing menjadi gelisah, lebih cepat haus, muntah-muntah, diare, bernafas cepat, jantung berdebar dan menimbulkan efek gemetar serta tremor otot.

Susu dan produk olahannya
Kandungan Lactosa pada Susu kemasan  tidak dapat dicerna oleh kucing. Oleh sebab itu Lactosa sangat berbahaya karena dapat menyebakan kucing menderita masalah pencernaan, diare akut yang dapat berujung pada kematian.

Alkohol.
Makanan dan minuman yang mengandung Alkohol sangat berbahaya untuk kucing. Karena kucing juga bisa mabuk dan mempengaruhi sistem syaraf. Zat yang terkandung pada Alkohol juga bisa dengan mudah menyebabkan kerusakan hati, kerusakan otak parah dan mengakibatkan masalah pencernaan serta pernafasan pada kucing. Satu sendok alkohol bisa menyebabkan kucing mengalami koma bahkan tidak sedikit yang akhirnya kehilangan nyawa.

Tomat dan Jamur
Kandungan Alkoloid dan senyawa beracun glycoalkoloid Solanine yang terkandung dalam tomat hijau dan jamur dapat mengakibatkan kejang dan masalah pencernaan serius pada kucing.

Ekstraksi minyak tumbuh-tumbuhan
Aroma dari hasil ekstraksi tumbuh-tumbuhan dinyatakan berbahaya bagi kesehatan kucing. Karena ternyata dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh, menyebabkan muntah dan gangguan pengelihatan pada kucing

Obat-obatan tanpa resep dokter
Parasetamol dan Asetaminofen yang terkonsumsi oleh kucing tanpa anjuran dokter sangat berbahaya bagi kesehatannya. Karena dapat menyebabkan gangguan metabolisme hemoglobin hingga kucing akan mengalami anemia, kekurangan oksigen, muntah, liur berlebihan, lidah membiru, detak jantung tidak beraturan hingga akhirnya koma bahkan hingga kehilanggan nyawa.

Xylitol.
Xylitol adalah senyawa pemanis buatan yang digunakan dalam banyak makanan bebas gula, terutama permen karet, pasta gigi dan obat kumur . Belum ada catatan tentang kucing yang sakit  akibat mengkonsumsi zat ini, tapi pada anjing dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah, diikuti oleh kerusakan pada hati hingga berujung pada koma dan kematian. Akan lebih baik aman  jika kucing tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat ini.

Anggur dan Kismis.
Belum ada laporan tentang kucing yang menderita sakit akibat mengkonsumsi makanan ini. Namun pada anjing, zat tang tekandung dalam Anggur dan kismis dapat menyebabkan gagal ginjal akut ditandai dengan kondisi tubuh yang melemah. lesu, muntah, sering buang air kecil dan Diare. Hal yang terbaik adalah jangan sampai membahayakan kesehatan kucing Anda dengan membiarkan dia mengonsumsi makanan ini.

Alpukat

Kandungan Persin dalam daun, buah, biji dan kulit Alpukat sangat berbahaya jika sampai dikonsumsi oleh kucing. Karena dapat menyebabkan kucing kesulitan bernafas, mengalami kerusakan pada otot jantung, lesu, diare, muntah kejang hingga koma

Jeruk
Ternyata Jeruk dan Vitamin C didalamnya dapat membahayakan kesehatan kucing. Kandungan asam Sitrat pada  batang, daun, kulit, buah dan biji jeruk dapat menyebabkan kerusakan sistem syaraf, iritasi lambung, diare dan muntah.

Putih telur.
Kuning telu sangat baik bagi kucing, namun sebaliknya putih telur sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh kucing. Kandungan Avidin pada putih telur dapat menghentikan penyerapan biotin/ Vitamin B yang sangat diperlukan oleh kucing. Selain itu dikhawatirkan mengandung bakteri Salmonella dan E-coli pada putih telur dapat menyebabkan gangguan pencernaan, diare serta masalah kulit dan bulu kusam pada kucing

Dalam beberapa kasus untuk dosis kecil, mungkin kucing tidak akan mengalami gangguan kesehatan berarti, namun alangkah baiknya untuk sebisa mungkin tidak memberikan makanan dan minuman yang berpotensi mengganggu kesehatan dan keselamatan jiwa si kucing.

Namun jika tertelan dalam jumlah yang lebih besar maka kucing akan muntah-muntah dan mengalami gangguan kesehatan lainnya, segera hubungi dokter hewan atau klinik terdekat untuk mendapatkan saran dan tindakan medis khusus

Pencegahan terbaik adalah menjaga makanan yang berpotensi berbahaya dari jangkauan kucing. Sebisa mungkin tidak membiasakan memberi kucing makan yang sedang dikonsumsi manusia diluar waktu makan yang sudah ditentukan  Hal ini juga dapat mencegah perilaku kucing meminta-minta dan kemungkinan  ketidakseimbangan gizi.

Don't Shop, Please adopt !!

Jangan berikan makanan pada kucing yang sudah tidak bisa lagi dikonsumsi manusia. Karena sejatinya Kucing perlu gizi yang sama nilainya dengan manusia. Dan sebisa mungkin hindari memberi makan yang berbahaya bagi kucing.
Share:

1 comments:

  1. Mas kikin, sy mau titip anabul sy boleh ngga? Setiap bulan sy kirim uang untuk biaya makan dan perawatan anabul sy, kebetulan sy akan pindah rumah awal tahun ini, ke Bali, bukan sy ngga sayang, tp di Bali banyak sekali anjing liar, krn sy akan bekerja, sy kuatir sy ngga bisa maksimal merawat anabul sy, terutama krn anabul sy ini berkebutuhan khusus, kedua matanya buta, sy nemu di pinggir jalan waktu masih kecil, skrg udh umur 3 thn an, sy mau steril dulu, tp sy pastikan sudah steril ketika mau sy titipkan, kebetulan sy juga tukang mungut kitten krn rmh sy dkt pasar, sering sekali kl sy mau berangkat kerja liat kardus supermi di taman pasar, sdh bisa ditebak isinya bayi2 ga berdosa, biasanya sy besarin, kl udh bisa cr makan sy lepas di koloni kucing terdekat dgn rmh spy sy masih bisa ketemu kl street feeding. Kucing sy saat ini banyak, tp ngga terlalu kuatir kl sy pindah akan sy lepas, bukan ngga mampu pelihara, secara finansial sy mampu, tp tenaganya ngga ada.
    Jd sy mohon mas kikin bersedia dititipin 1 aj anabul sy yg buta ini, sy bisa pesankan cat food tiap bulan dan biaya peliharanya sampe dia ngga ada, mas bisa hub sy di 089621887350/dian.
    Terima kasih

    ReplyDelete

Blog Archive

Support