Sunday, June 3, 2018

Persiapan saat akan meninggalkan kucing di rumah ketika mudik lebaran

Saatnya Mudik Lebaran, bagi para pecinta kucing perasaan tidak tenang dan khawatir selalu menghinggapi ketika akan meninggalkan kucing di rumah dalam jangka waktu tertentu. Perasaan was-was itu muncul didasari rasa sayang pada mereka seperti keluarga sendiri. Terlebih lagi jika kucing yang dirawat dalam jumlah banyak, hal ini menjadi kendala tersendiri saat akan mudik Lebaran.

Kucing berkumpul sedang makan

Berikut ini beberapa tip cara meninggalkan kucing di rumah saat mudik Lebaran dengan aman dan tenang

1. Menitipkan kucing di tempat penitipan hewan

Jika jumlah kucing satu atau dua ekor, menitipkan kucing ke tempat penitipan hewan adalah pilihan terbaik karena disana kucing akan lebih terjamin dan terkontrol dari segi pemberian makanan,vitamin dan juga perawatan. Kita juga lebih tenang karena di tempat penitipan hewan terdapat berbagai fasilitas penunjang kesehatan dan kebutuhan si Kucing selama jauh dari pemeliharanya. Mereka akan dipisahkan antara kucing yang sehat dan kucing yang sakit, yang sudah di Vaksin dan yang belum. Dan dari segi biaya juga lebih flexibel.

2. Menitipkan kucing ketempat penitipan kucing rumahan

Seperti yang sering ditemui pada group dan forum-forum Sosial Media, beberapa orang menawarkan Jasa penitipan hewan peliharaan di rumahnya untuk jumlah tertentu. Anda bisa menitipkan kucing-kucing pada foster sementara tersebut dengan biaya terjangkau tanpa khawatir dengan perawatan dan kasih sayang pada kucingnya karena kebanyakan dari mereka yang menerima jasa penitipan hewan rumahan adalah para pecinta kucing.

3. Menitipkan kepada orang yang terpercaya

Carilah orang yang bisa dipercaya untuk merawat kucing-kucing kita di rumah selama ditinggal mudik Lebaran. Bisa teman, kerabat dan tetangga dari lingkungan sekitar tempat tinggal. Syukur-syukur jika orang tersebut juga penyayang kucing sehingga mengurani rasa khawatir dan memudahkan dalam merawat kucing selama kita tinggal liburan ataupun mudik.

Kucing diurmah 

Terdapat beberapa hal atau persiapan yang harus diperhatikan ketika kita menitipkan kucing kepada orang yang kita percaya agar kita merasa tenang dan nyaman, diantaranya adalah :

a) Pengenalan lingkungan untuk kucing dan perawat kucing

Beberapa hari sebelum kita meninggalkan kucing di rumah ada baiknya jika memperkenalkan kucing kepada orang yang akan merawat mereka terlebih dahulu agar kucing mulai terbiasa dan merasa nyaman dengan orang baru tersebut.

b) Memberikan intruksi atau arahan 

Berilah arahan kepada orang yang telah kita pilih untuk merawat kucing agar tugas-tugas yang biasa kita lakukan bisa dijalankan dengan baik seperti jadwal pemberian makanan, pemberian minum, membuang kotoran atau memisahkan kucing yang mempunyai kebiasaan tertentu misalnya kucing yang tidak bisa makan dry food harus kita siapkan makanan khusus untuk beberapa hari kedepan.

c) Memantau kondisi kucing selama ditinggal pergi

Karena yang merawat kucing kita bukan tenaga profesional seperti yang ada ditempat penitipan hewan, maka kita harus tetap memantau secara khusus perkembangan dan kondisi kucing ketika ditinggal agar tidak terjadi dengan hal-hal yang tidak kita inginkan. contoh kecilnya adalah pemberian air minum yang terkadang lupa diganti dengan air baru, ini pernah admin maskikin.com alami ketika pertama kali menitipkan kucing kepada orang yang terpercaya.

d) Pemberian uang lelah

Memberikan uang lelah lebih adalah salah satu cara agar orang yang merawat kucing-kucing kita selama ditinggal tetap semangat karena merawat kucing apalagi dalam jumlah besar tentu tidak mudah, jangankan untuk orang yang baru merawat kucing, yang tiap hari tidur dan makan dengan kucing saja terkadang geregetan melihat tingkah polah kucing yang nakal, pemberian uang lebih ini sebagai obat penawar ketika kena cakaran dari sikucing.

Demikian cara meninggalkan kucing dirumah dengan aman dan tenang selama kita tinggal mudik lebaran, semoga tip ini bermanfaat untuk para cat lover semua.


Tags
Meninggalkan kucing dirumah,tips tinggal kucing di rumah,tips meninggalkan kucing,tip meninggalkan kucing ketika lebaran


Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Support