Wednesday, June 7, 2017

Merawat hingga sembuh tumor mata pada kucing

Kucing ini nama awalnya adalah Odette karena saya kira dia Kucing betina tapi ketika sudah umur 2 minggu baru ketahuan ternyata Odette adalah kucing jantan dan kami pun merubah nama dan memanggilnya dengan sebutan Ondet.

Ondet awalnya adalah kucing yang sangat sehat dan lincah akan tetapi setelah Ondet berumur kurang lebih satu bulan mata Ondet nampak bengkak dan terlihat pupilnya menutupi bola matanya. Awalnya saya tidak curiga karena cuaca saat itu sedang panca roba, hingga saya mengira Ondet hanya sakit mata akibat debu dan berubahan cuaca saja, lalu saya beri salep obat mata yang mengandung Tektrasiklin.
Secara rutin pagi, siang, sore dan malam hari kami bersihkan mata Ondet dengan air hangat
                      
Seminggu berlalu dan mata Ondet makin parah, bola mata ondet makin membesar dan seperti mau keluar,kami sekeluarga sangat sedih melihat kondisi mata Ondet seperti itu. Ondet tidak seberuntung seperti anak-anak kucing kami lainnya yang ketika sakit kami bawa ke dokter hewan, karena saat Ondet sakit kondisi keuangan kami tidak memungkinkan membawa Ondet ke dokter hewan.

Kondisi Ondet sempat memburuk.


Ketika kami melihat Ondet sedang tidur hati kami sangat terenyuh, Ondet tidak bisa memejamkan matanya dan tidak bisa tidur dengan nyaman apalagi saat itu dia juga kena demam tinggi.

Akhirnya kami browsing untuk mencari informasi sakit mata pada kucing seperti yang dialami oleh Ondet. Dari beberapa referensi yang saya dapatkan, ada kemungkinan Ondet terkena tumor mata. Alhamdulillah dari artikel tersebut walau tidak diperinci bagaimana cara penanganannya, saya menyimpulkan bahwa penyakit Ondet bisa disembuhkan walaupun tidak sembuh total.


Berbekal informasi tersebut kami timbul lagi semangat dan mempunyai harapan yang besar untuk bisa meringankan sakit Ondet. Secara rutin setiap pagi, siang, sore dan malam hari kami membersihkan mata Ondet dengan air hangat dan nampaknya Ondet juga merasa sangat nyaman dengan apa yang kami lakukan.

Dan tidak lupa setiap hari kami meneteskan obat mata Cendo Fenicol 0,25% ( jangan lupa untuk mendoakan kesembuhan ) setiap interval 4 jam sekali , seperti informasi yang kami dapatkan dari beberapa website yang telah kami baca.

Sakit mata Ondet semakin membaik.


Setelah kurang lebih dari satu bulan dalam perawatan, penyakit mata pada Ondet kini semakin membaik. Bola matanya yang sebesar telur puyuh dan yang mau keluar kini jadi normal kembali. Walaupun tidak normal 100% tapi kami sangat bersyukur karena bisa mengurangi penderitaan si Ondet. Kini Ondet sudah lincah dan normal seperti sedia kala, bermain bersama dengan anak-anak kucing lain.

Senang rasanya melihat Ondet tidur dengan nyaman dan bisa memejamkan matanya seperti sedia kala

Ondet dan obat matanya
Ondet sedang tidur siang

Ondet main dikebun


Kami membagi Infomasi ini semata-mata untuk menyampaikan, bahwa penyakit mata yang diderita anak kucing bisa disembuhkan. Kuncinya telaten, tidak patah semangat dan selalu berdoa untuk kesembuhannya.

Bagi teman-teman Penyayang kucing yang mempunyai masalah seperti yang kami alami semoga informasi ini bisa memberikan semangat kepada teman semua karena kita bisa merawat kucing yang sakit secara mandiri dirumah.




Referensi :
http://ditalovecatty.blogspot.co.id/2012/10/cemong-anak-kucing-yang-terkena.html

Share:

12 comments:

  1. di kasih nama kakashi aja mas , si mata satu sharingan awkwkwk . btw, salam buat ondet nya

    ReplyDelete
  2. MashaAllah akhirnya sembuh tanpa operasi :)

    ReplyDelete
  3. Mohon sarannya cendo fenicol apakah diteteskan atau cuma diusapkan ? Vet kami menyarankan menggunakan Y-rins dan obat salep tapi saya trauma krn dlu kitten saya kasih obat salep dan tetes dari vet malah matanya pecah dan akhirnya meninggal. Mohon sarannya . Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Drh saya juga tidak menyarankan obat tetes mata dari petshop ,mreka memberikan cendo 0,25% yg tetes atau salep cendo 1%

    ReplyDelete
  5. Kucing saya matanya udh lepas dgn sendirinya tanpa operasi tp kenapa skrg kelopak matanya berair trus ya?😭 kasian liatnya d garuk trus ad yg tau obatnya apa biar ga berair meskipun udh gada matanya?

    ReplyDelete
  6. Mas dikasih salep cendo sampai berapa lama Mas? pemakaiannya sampai bener2 sembuh? Anak kucing saya juga mengalami yg sama dengan kucing Mas malah sekarang jendolannya semakin besar dan digigitin sama induknya 😔

    ReplyDelete
  7. makasih infonya, kucingku matanya udah mau keluar, ber air terus, kasihan, kata dokternya nanti bakalan gak punya mata 😿

    ReplyDelete
  8. Cendonya salep apa yg tetes??kucingqu jg matanya seperti itu..mw dioperasi tkut gagal soalnya kitten..

    ReplyDelete
  9. Mau nanya, anak kucing awalnya belekan gitu awalnya rutin dibersihin 1-2 kali sehari, tapi kemaren sempet dibawa sama ibu kucingnya jd jdsempet dibersihin kurang lebih 5 hari, pas ketemu satu mata kucingnya menonjol terus keras gitu kaya nanah kering, itu nanah kering atau tumbuh tumor dll? Minta sarannya harus gmna.

    ReplyDelete
  10. waktu pakai Erlamycetin saja, apa ada perkembangan kak?

    ReplyDelete
  11. Sy jg pake salep cendo citrol.sudah 2mggu dr yg tafinya mata berselaput putih sudah berkurang selaputnya. Tp skrg muncul masalah baru. Matanya tumbuh benjolan lunak. Sperti tumor. Hiks.. mau bawa ke vet blm ada dananya.

    ReplyDelete

Blog Archive

Support